Misteri Meteorit Tunguska Berasal Dari Mars?

Toko Online Tas Fashion Wanita di Yogyakarta – Asal usul meteorit Tunguska terkenal masih sengit diperdebatkan. Namun, kami menyarankan bahwa ini adalah meteorit dan bukan sebuah pesawat Ruang angkasa, maka dari mana asalnya? Sampai saat ini, sebagian besar ahli membantah bahwa hal itu bisa saja berasal dari Mars. Namun Hari ini, teori ini telah berdiri.

Musim semi lalu, di museum Geological dinamai Vernadsky di Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia Andrei Zlobin membuat pernyataan bahwa ia menyelidiki dugaan fragmen dari tubuh kosmik yang jatuh pada musim panas 1908 atas Taiga Siberia dekat Stony Tunguska. Tiga fragmen meteorit hipotetis ditemukan sekitar seperempat abad lalu di sungai dekat daerah jatuh. Analisis kimia menunjukkan adanya korteks vitreous dan kuarsa yang umumnya sangat jarang terjadi pada meteorit.
Misteri Meteorit Tunguska

Sampai jatuhnya meteorit besar di wilayah Chelyabinsk dekat Danau Chebarkul pada bulan Februari tahun lalu, sebagian besar ahli disukai teori komet dari ledakan Tunguska. Hal ini didukung oleh adanya puing-puing yang bisa meyakinkan dikaitkan dengan peristiwa lama di Tunguska. Baru-baru ini, bagaimanapun, para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa dalam hal kehadiran meteorit dari kawah dan fragmen bukanlah fenomena wajib. Setelah itu versi meteor sekali lagi menjadi salah satu yang “memimpin” dalam upaya untuk menjelaskan fenomena ledakan Tunguska.

Para ahli mencari pengganti. Secara khusus, kelompok ilmiah Yana Anfinogenova dari Tomsk State University mempelajari apa yang disebut John Stone, sebuah chip misterius yang ditemukan pada tahun 1972 di sebuah lembah dekat Gunung Stojkovic, episentrum ledakan Tunguska, dinamai penemunya, ilmuwan John Anfinogenov. Dalam komposisi batu secara signifikan berbeda dari spesies lain yang hadir di wilayah yang sama.
Misteri Meteorit Tunguska

Dalam hal komposisi kimia sangat mirip dengan fragmen dipelajari oleh Andrei Zlobin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa batu Yohanes terutama terdiri dari batu pasir biji-bijian sekitar 0,5-1,5 cm. Dalam hal struktur menyerupai sampel yang telah ditemukan baru-baru ini di Mars. Sebelumnya diyakini bahwa tidak ada kuarsa di Planet Merah. Ketika Zlobin mengumumkan hasil penelitiannya, Natalia Artemyeva dengan Institute of Dinamika Geospheres menyatakan bahwa “korteks vitreous atau kuarsa tidak ada di meteorit.”

Namun demikian, data rovers ‘mengkonfirmasi kehadiran setidaknya jejak kuarsa di Planet Merah. Meskipun Tunguska fragmen masih sangat berbeda dalam komposisi dari meteorit Mars dikenal, tidak ada alasan untuk benar-benar mengabaikan hipotesis ini. Jelas, jika ada kuarsa di Mars, tetangga terdekat Bumi, maka meteorit di mana itu hadir mungkin mendapatkan ke Bumi. Hal ini tidak dapat dikesampingkan.

Sayangnya, Anfinogenova dan rekan-rekannya tidak menganalisis komposisi isotop John Stone. Memiliki pemeriksaan mengungkapkan rasio atipikal isotop argon, itu akan memperjelas situasi. Karena gravitasi rendah, isotop yang lebih ringan dari gas ini yang hampir tidak ada di atmosfer Mars. Mereka memang ada di atmosfer bumi.

Misteri Meteorit Tunguska

Studi tim Anfinogenova itu menimbulkan pertanyaan sebanyak studi Zlobin. Dari jumlah yang relatif besar meteorit dari Mars asal hadir di Bumi, tidak ada satu pun bertepatan dengan komposisi John Stone.

Anehnya, tiga perempat dari meteorit Mars yang terdiri dari batuan yang hampir tidak pernah ditemukan di Planet Merah. Mereka jauh lebih muda dari elemen yang paling umum dari permukaan Mars. Karena daerah Mars kecil, jauh lebih kecil dibandingkan dengan Bumi, tidak jelas di mana di planet batuan muda harus dicari.

Di satu sisi, kita tidak dapat mengabaikan teori asal Mars meteorit Tunguska, tapi di sisi lain, tidak ada bukti untuk membuktikannya. Mungkin nanti akan ada studi baru yang akan menjelaskan misteri ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s